Rabu, 23 Maret 2016

Era Belajar 2.0

Satu bulan terakhir ini saya mendapat kesempatan menfasilitasi sebuah Learning Station atau sesi belajar bersama pada sebuah perusahaan Start-Up di Bandung yang memiliki fokus bisnis di bidang Custom Clothing.

Dalam tugas itu saya mendampingi belajar 2 divisi, yakni divisi Marketing dan divisi Customer Service di perusahaan tersebut. Jujur ini pengalaman pertama saya terjun ke dunia coaching, namun demikian saya bersyukur karena saya berani menuliskan 'Coach' sebagai salah satu personal branding diri saya, dan ini berarti menjadi projek perdana saya sebagai 'Coach' bagi perusahaan ini.



Sejak awal, saya sangat bersemangat dalam kegiatan memfasilitasi. Kelas Inspirasi adalah sebuah pengalaman berbagi yang cukup meninggalkan kesan mendalam karena  saya memperoleh tidak hanya pengalaman satu hari menjadi guru, namun secara emosional jauh lebih dari pada itu.

Jauh sebelum Kelas Inspirasi saya pun telah terlibat aktif dalam kegiatan mentoring mahasiswa psikologi Unpad, khususnya bidang Psikologi Industri dan Organisasi. Benang merahnya saya sangat menikmati dan menyukai kegiatan berbagi pengetahuan seperti ini.

Hari ini pun saya dipertemukan dengan sebuah metode pembelajaran yang memanfaatkan teknologi internet melalui media streaming, di situs www.cozora.com, yang memiliki tagline "Live chat with inspiring people; Learn from the best, ask questions, and meet new friends."

Berbekal undangan belajar yang di-tag oleh istri saya, pada pukul 19 lebih kami pun standby belajar bersama di ruang tengah rumah kami. Materi belajar kami malam ini adalah: #StartupSeries 1: Kenapa Memulai Startup? bersama Natali Ardianto, yang kebetulan teman SMA istri saya. ^_^



Format belajar memadukan slide dan penjelasan melalui media suara oleh nara sumber dan chat oleh moderator, memungkinkan saya memperkenalkan diri, berbicara dengan peserta lain dan bahkan mengajukan pertanyaan kepada nara sumber dengan sangat mudah. Satu hal lagi yang membuat saya takjub adalah kegiatan belajar malam ini pun direkam, sehingga dapat diakses kembali di waktu-waktu yang akan datang.

Penasaran, saya pun mencoba mengakses materi-materi belajar terdahulu, dan voila semua bisa diakses baik slide presentasinya maupun audio-nya. Seketika saya tersadar.... "Selamat datang di era belajar 2.0" Dimana ruang kelas Anda adalah ruang tengah rumah Anda atau meja belajar Anda, atau meja tamu Anda, atau dimana pun Anda ingin berada sepanjang terhubung melalui internet.

Well, tidak ada alasan bagi siapapun yang hendak belajar, asal terhubung melalui internet maka dari sanalah kita dapat bertemu mentor-mentor handal secara cuma-cuma. Jangan lewatkan kesempatan ini.

Salam!


HashOcean

Tidak ada komentar:

Posting Komentar