Rabu, 10 Februari 2016

Memulai Hobi RC Car

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi tentang bagaimana awal mulanya saya menjalankan hobi RC, khususnya yang bertenaga baterai (EP = Electric Power). Mungkin banyak diantara pembaca yang belum tahu apa saja yang harus dipersiapkan untuk menjalankan hobi ini.

Kita mulai ya.
1. Saya memulai hobi ini dengan membeli sebuah mobil RC yang sudah RTR. RTR artinya Ready To Race atau siap untuk dimainkan. Saya membeli sebuah mobil beraliran shortcourse alias speed off road. Pada paket mobil ini saya mendapatkan: sebuah mobil yang dilengkapi dengan ESC, Servo, Baterai dan Radio Control. Selain itu saya mendapat buku manual, tool kit dasar dan wall charger. Dengan paket ini saya sudah bisa memainkan mobil yang saya beli.
2. Wall Charger yang saya dapat dari paket mobil RTR, dirasakan kurang memadai karena dia tidak pintar. Akan menyulitkan saya bila saya naik kelas menggunakan baterai Lithium Polimer (LiPo) yang mengharuskan treatment khusus. Oleh karena itu saya membeli sebuah digital charger. Digital charger ini adalah sebuah alat untuk mengisi listrik ke baterai yang bisa disetel peruntukannya, antara lain untuk baterai berjenis Nikel Metal Hibrid (NiMh), Lithium Polimer (LiPo), Lithium Ferro (LiFe).
3. Kemudian saya melengkapi diri dengan precision tool set yang berisi obeng kembang, obeng minus, obeng segi enam berbagai ukuran. Saya beli obeng ini di sebuah toko swalayan perkakas terbesar yang ada di Indonesia.
4. Kemudian saya penasaran dengan efek menggunakan baterai LiPo. Maka saya membeli sebuah baterai LiPo softpack seken dari lapak fjb kaskus.
5. Saya melengkapi dengan box tool-kit yang khusus diperuntukkan untuk menyimpan perkakas yang berhubungan dengan kegiatan hobi ini.

Dengan lima kelengkapan dasar itu kita sudah bisa mulai menjalankan hobi ini. Namun pada perjalanannya orang yang senang ngoprek membutuhkan perlengkapan tambahan seperti:
1. Rak untuk naro mobil RC
2. Kontainer untuk naro pernak-pernik macam Ban, buku manual, dan lain-lain.
3. Solder dan timahnya
4. Glue Gun
5. Berbagai macam Tang
6. Kunci pas kecil
7. Persediaan konektor (diperlukan saat nambah armada baterai)
8. Baterai AA yang recharge-able minimal 8 biji + charger-nya.
9. Gunting Lexan
10. Pisau Hobby
11. Kikir
12. Body Reamer (knife edge reamer)
13. Double Tape
14. Shock Oil
15. Meja kerja
16. Lampu kerja
17. Kaca pembesar
Wew... ternyata jadi banyak ya? Hehehe... jangan khawatir semua bisa dilengkapi sambil berjalan.

Hobi adalah sebuah kesenangan yang dilakukan sepanjang hidup, jadi perlahan-lahan Insya Allah semua bisa kita lengkapi jika kita menginginkannya. Kira-kira kalo menjalani hobi ini dengan serius akan ada pojokan khusus RC seperti ini di rumah.

13541709542137573926

Ada pertanyaan lain lagi yang suka muncul ketika baru akan memulai hobi ini. Berapa uang yang harus disiapkan untuk memulai hobi ini? Hmm... jujur berbicara uang adalah sebuah nilai yang relatif, range harga RC baru yang RTR tersedia mulai dari 1,7 sampai dengan tak terhingga. Kita bisa sesuaikan kantong kita ngepasnya di mana. Beberapa produk brand amerika seperti Traxxas dan Axial, memang memiliki harga jual yang relatif tinggi jika dibanding dengan beberapa brand china seperti HSP atau Speedpassion.

13846898581466320725

1384689937296149169

Bersyukur saya tinggal di Bandung yang tersedia beberapa toko hobi lokal untuk keperluan hobi ini. Tapi walau demikian, pembaca yang tinggal di kota lain jangan berkecil hati, karena melalui FJB kaskus, kebutuhan RC Anda pun bisa dengan mudah terpenuhi. Kira-kira demikian share dari saya mengenai hal-hal yang diperlukan ketika akan terjun menekuni hobi RC.

Salam!

  HashOcean

Tidak ada komentar:

Posting Komentar