Senin, 08 Februari 2016

Mudahnya Menjadi Pengusaha

14073013902037163609

Kali ini saya ingin sekali berbagi tentang kesadaran betapa mudahnya hidup di zaman sekarang ini. Mengapa mudah?

Mudah, pertama karena saat ini kita hidup di zaman, dimana negara kita, Republik Indonesia, sudah merdeka. Hari ini Pembaca bisa melihat bagaimana kondisi saudara-saudara kita yang hidup di daerah konflik di berbagai belahan dunia. Bisa kita rasakan betapa hidup mereka senantiasa dihantui perasaan tidak aman akan ancaman.

Kedua perkembangan teknologi di bidang apapun membuat interaksi antar manusia semakin mudah, cepat dan murah. Proses pertukaran informasi, bahkan transaksi bisnis pun dapat dilakukan dengan cepat dan berada dalam genggaman. Sesuatu yang mungkin tidak pernah kita bayangkan 10 atau 20 tahun yang lalu.

Kesadaran seseorang untuk menjadi wirausaha, semakin meningkat akhir-akhir ini. Namun kesadaran saja tidak cukup, karena untuk benar-benar menjadi wirausahawan seseorang harus berani mengambil sebuah keputusan dan bekerja mewujudkan hal itu. Walau demikian Pembaca tidak perlu khawatir karena segala sumber daya yang diperlukan untuk berwirausaha saat ini sudah ada di dalam genggaman kita semua.

Keberadaan internet memberi perubahan yang signifikan. Saat ini saya sudah melihat betapa anak usia belasan tahun sudah memiliki kesadaran tentang siapa dirinya, apa yang dia mau, dengan internet (Youtube) sebagai salah satu sumber referensi belajarnya. Melihat fakta itu, saya menjadi semakin yakin bahwa di masa depan untuk menjadi seorang manusia yang seutuhnya, tidak perlu lagi mendapat legitimasi dari sebuah lembaga bernama institusi pendidikan, karena pada dasarnya ilmu-ilmu itu kini sudah terbuka sifatnya, dan bisa diakses siapa saja dan kapan saja.

Kembali lagi ke topik wirausaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk memulai perjalanan Anda. Saya yakin dan percaya, jika Anda berani mengambil keputusan untuk menjadi seorang wirausahawan, kehidupan Anda selanjutnya tidak akan pernah sama lagi.

Bagaimana caranya?

Disinilah dibutuhkan sebuah sikap mental yang positif dan terbuka terhadap segala informasi yang membludak di dunia maya. Kemampuan kita untuk memilah, memilih, dan menguji informasi demi informasi diperlukan guna mendapatkan sebuah formula yang Anda cari. Sikap mental negatif, sama sekali tidak membantu Anda untuk dapat mengubah hidup dan kehidupan Anda di masa depan.

Orang mengatakan Internet adalah sumber uang. Kalau Anda meyakini hal itu, niscaya Anda akan dapat mengambil manfaat sebagaimana keyakinan Anda. Demikian pula sebaliknya, jika Anda meyakini bahwa Internet adalah sumber kebohongan, maka Anda pun benar-benar akan mendapatkan Internet demikian adanya.

"Sesungguhnya Allah berfirman: "Aku sebagaimana prasangka hambaku kepada-Ku. Aku bersamanya jika ia berdoa kepada-Ku." [HR.Turmudzi]


Mari kita memanfaatkan teknologi untuk kehidupan yang lebih baik. Wallahu'alam.

Salam!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar