Rabu, 27 Januari 2016

Melakukan Kebiasaan yang Berbeda



Dewasa ini kehidupan terasa bergulir semakin cepat. Entah karena faktor pembangunan fisik, infrastruktur atau teknologi.
Hal ini ditandai dengan semakin cepatnya hari berganti.

Sejak sekolah menengah, kuliah hingga mulai bekerja dan menikah saya punya tips aktifitas untuk menyegarkan suasana hati dan pikiran saya.
Mau tahu? Simak lanjutan tulisan ini.

1. Ketika kita terjebak dalam sebuah rutinitas, apakah itu belajar atau bekerja, sesekali diri Anda berhak untuk mendapatkan penghargaan. Penghargaan yang saya maksud di sini bisa disesuaikan dengan minat dan kesenangan pribadi. Waktu jaman SMA, menjelang ujian akhir. Saya suka memberikan penghargaan kepada diri saya berupa satu bucket es krim, yang saya nikmati sambil menonton film kesukaan di rumah. Pada saat kuliah, saya dan teman-teman pernah kemping dengan Pangandaran selama beberapa hari. Ketika awal bekerja, saya off satu hari di hari kerja, dan melakukan kegiatan yang benar-benar berbeda, seperti jalan pagi, kemudian membeli koran pagi, dan membacanya di warung bubur ayam, hingga hari menjelang siang. Sekarang setiap bulan saya menyisihkan penghasilan saya untuk membeli buku atau melengkapi koleksi die-cast saya.

2. Keluar dari rutinitas tak selalu buruk, atau merubah Anda menjadi seseorang yang sama sekali berbeda. Disisi lain justru Anda memiliki kesempatan untuk mengisi kembali energi kehidupan Anda dengan bahan bakar yang lebih segar. Anda memiliki kesempatan untuk dapat melihat hal yang sama dari sudut pandang yang berbeda. Anda dapat berhenti sejenak untuk mengambil pemaknaan yang berbeda dari sebuah peristiwa yang sama. Saya jadi teringat sebuah program acara di Discovery Channel yang menyajikan perjalanan seseorang yang tersesat, bepergian tanpa peta, berjalan ke tempat yang tak ada jalan. Sesuatu yang kelihatannya tidak masuk akal, namun pada akhirnya banyak hal yang bisa dipelajari oleh pelaku maupun pemirsanya. Sebuah acara yang menarik menurut saya. ^_^

Ada satu contoh lagi, bagi Anda yang pergi ke kantor naik kendaraan bermotor, tak ada salahnya sesekali mencoba untuk naik kendaraan umum. Di sepanjang perjalanan mungkin Anda bisa menemui hal-hal menarik yang sebelumnya luput dari pengamatan Anda ketika Anda mengendarai kendaraan Anda sendiri.

Bagi Anda yang berwirausaha, memilih tempat-tempat baru yang menarik untuk jadi tempat bekerja, juga sangat menyenangkan. Apalagi di kota Bandung banyak sekali tersedia tempat-tempat yang bagus dan menyegarkan untuk menjadi 'ruang kantor' anda hari itu. ^_^

Bertemu dengan teman-teman lama, walaupun singkat juga dapat menjadi energizer tersendiri bagi jiwa anda. Lama waktu tak berjumpa, membuat banyak cerita mengalir tak terbendung. Fokus pada hal-hal positif. Niscaya anda akan lebih bersemangat menjalani kehidupan anda.

3. Jaga sisi anak-anak Anda. Setiap orang, menurut saya memiliki sisi anak-anak. Sisi yang ceria, senang berpetualang, berpikir dan bertindak spontan. Berbeda dengan tuntutan sebagai orang dewasa yang cenderung serius, bertanggungjawab, penuh perhitungan, yang dapat dipersepsikan oleh jiwa kita sebagai 'beban'. Benar, sebagai orang dewasa kita dituntut untuk mampu bersikap, berpikir dan bertindak dengan penuh perhitungan dan bertanggungjawab. Namun di sisi lain, beri kesempatan sisi anak-anak Anda untuk keluar mengaktualisasikan 'dirinya'.

Dengan mencoba melakukan 3 hal di atas, saya yakin Anda dapat merasa lebih menikmati hidup dan kehidupan Anda.
Selalu ada banyak cara untuk kita berhasil menikmati hidup dan kehidupan ini. Semua tergantung diri kita masing-masing, karena pada dasarnya setiap manusia itu unik.

Salam!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar