Minggu, 31 Januari 2016

Manfaat Hobi

1353932182883011163

Membaca buletin KOMPAS Ekstra (KE) yang tersaji pagi ini (26 November 2012), membuat diriku tersenyum-senyum sendiri. Apa pasal? Sebab KE membahas tentang hobi.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, hobi dijelaskan sebagai kegemaran atau kesenangan istimewa pada waktu senggang.
Hal yang membuatku tersenyum antara lain adalah:
1. Ini sejalan dengan hobiku yang alhamdulillah dapat dilakukan 6 bulan terakhir ini.
2. Pembicaraan semalam dengan istriku, kudapati bahwa istriku mendukung hobi yang aku lakukan. 3. Manfaat yang kudapat dari menjalankan hobi sangat positif, sama persis dengan pendapat Psikolog yang diwawancara dalam KE pagi ini. Beliau menyatakan bahwa hobi adalah penyeimbang hidup.

Hobi membuat tekanan psikologis yang dialami dalam rutinitas kerja kembali mengendur. Kemudi paling seimbang dalam hidup adalah pekerjaan, cinta dan permainan. Aha! Hobiku erat kaitannya dengan permainan. Seperti yang bisa dibaca dari beberapa tulisanku mengenai hobi di lapak kompasiana ini.

Para pembaca bisa dengan mudah mengenali hobi apa yang saya jalani. Sebagai penutup, saya hanya ingin menggarisbawahi: Apapun kesibukan Anda, luangkan sedikit waktu untuk melakukan kesenangan istimewa Anda di waktu senggang, karena dengan hal itu Anda bisa kembali segar menghadapi rutinitas yang menghadang.

Salam!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar