Rabu, 06 Januari 2016

Resensi Buku "Bukan Emak Biasa"

 
Hari ini, Rabu, 6 Januari 2016, saya mendapat tantangan dari teman saya yang juga penulis buku "Bukan Emak Biasa - Refleksi Psikologis Pengasuhan Anak", Ibu Fitri Ariyanti Abidin.

Beliau adalah seorang teman kuliah di jenjang S1 Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Seorang wanita yang religius, santun namun tetap hangat dalam pertemanan. Ia juga termasuk salah seorang mahasiswi di angkatan saya yang lulus cepat dengan nilai yang baik.

Bulan Desember 2015, buku "Bukan Emak Biasa" diterbitkan oleh PT Kaba Media Internusa. Dengan total 230 halaman, buku ini terbagi menjadi 6 bagian yang masing-masing menceritakan tentang:
1. Penghayatan
2. Unconditional Love
3. Basic Parenting Skill
4. Dinamika Perkembangan Anak
5. Persoalan Anak Masa Kini
6. Partner Ibu: Ayah dan Guru

Sebagai pembaca dengan latar belakang lulusan Fakultas Psikologi, saya mendapati buku ini sangat menarik dari segi isi, karena menceritakan tentang pengalaman penulis menjalankan peran ibu bekerja dalam proses pengasuhan ke empat anaknya dengan masing-masing karakter kepribadian yang unik.

Di buku ini kita bisa menghayati bagaimana penulis menjalani perannya sebagai ibu, melakukan pendekatan yang berbeda ketika menghadapi masing-masing buah hatinya. Setiap anak dengan usia yang berbeda, berada pada fase perkembangan yang berbeda, menunjukkan ekspresi perilaku yang berbeda pula. Penulis cukup mampu menampilkan fleksibilitas diri dalam menyesuaikan diri dengan setiap keadaan ketika berinteraksi dengan buah hatinya.

Dari setiap interaksi yang terjadi, penulis senantiasa menunjukkan konsep teori yang melatarbelakangi terjadi sebuah peristiwa yang dialami oleh sang buah hati. Tak jarang penulis juga menyampaikan pesan atau nasehat yang bersumber pada Al-Quran dan Al-Hadits atau pun kisah-kisah yang penulis dapat dari buku-buku yang telah dibacanya.

Dengan gaya penuturan yang ringan dan bahasa yang mudah dimengerti, penulis berbagi pengalamannya kepada para pembaca. Sejatinya tulisan di dalam buku ini merupakan kumpulan tulisan penulis yang telah dipublikasikan di dalam blog pribadi www.fitriariyanti.com

Menjadi orang tua adalah sebuah peran yang tidak akan berujung sampai ajal memanggil. Tidak ada satu panduan yang sempurna selain yang telah disampaikan oleh Allah SWT melalui kitab suci Al-Quran dan juga Al-Hadits. Namun demikian buku ini dapat menjadi sumber referensi yang sangat mudah untuk menjadi pegangan bagi pembaca manakala menghadapi situasi-situasi yang serupa sebagaimana yang telah tertulis di dalam buku ini.

Kekurangan dari buku ini hanya sebatas hal kecil seperti kesalahan pada penulisan, selain itu adalah kelebihan dan manfaat.

Buku saya rekomendasikan untuk dibaca tidak hanya oleh para ibu sebagai aktor utama dalam proses pengasuhan anak, namun juga oleh para ayah memiliki peran dan pengaruh yang tidak sedikit dalam proses tumbuh kembang anak-anak kita.

Segera dapatkan buku, bisa pesan langsung melalui akun facebook penulis dan rasakan manfaatnya.

Salam!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar